Beberapa Penghalang Sedekah

penghalang sedekah

penghalang sedekahKadang kita sudah sedekah. Tapi, ternyata ga ada hasilnya. Nah, bisa jafi karena ada yang menghalangi sedekah kita. Apa itu?

Yang bisa menghalangi sedekah adalah apa yang menghalangi semua amal sholeh yang diterima Allah, yakni maksiat. Bukan cuma sedekah yang terhalang, tapi semua amal sholeh itu terhalang karena adanya maksiat. Kita sudah sedekah, tapi mata ga dijaga. Mulut masih bergunjing. Bahkan, sama orang tua masih ngelawan, wah..wah..

Yang berikutnya, sedekah itu terhalang karena riya. Riya itu mengharap pujian atau penghargaan dari manusia. Kita sedekah, tapi sedih karena ga ada yang muji. Nah, ini yang jadi penghalang.

Di sini orang membedakan antara riya dengan doa. Riya itu adalah kita ngomongin apa yang sudah kita sedekahkan, tapi bukan dalam rangka ngajarin orang untuk ikut bersedekah. Jadi, boleh kita ngomongin sedekah kita, tapi dengan suasana kita ngajar atau ngajak.

“Saya tadi sedekah ke anak yang di sana tuh, tapi kurang. Kalau kamu mau nambahin, boleh.” Nah, kalimat ini namanya ngajak, bukan masuk riya.

Tapi kalau kalimatnya, “Itu anak tuh, kalau ga ada, saya mati tuh.” sudah riya namanya. Bahkan ada ujubnya, ada sombongnya.

ustadz YM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *